FAKTAMEDIA.ID – Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mebuka kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Sosial Media For Bussines secara daring yang dihadiri 200 lebih pengusaha UMKM secara daring, Selasa (5/7/22).
Wali Kota ingin pengusaha UMKM di Kota Tangerang menjadi pengusaha sukses di pasar global.
Bukan suatu hal yang tidak mungkin pelaku usaha bisa mengembangkan usahanya berniaga melalui jejaring media sosial.
“Jadi bapak ibu pelaku usaha UMKM bisa pasarkan produknya di berbagai media sosial maupun marketplace yang ada agar target pasarnya bisa meluas,” ucap Arief
“Yang biasanya secara offline segmen pasarnya hanya di wilayah RT/RW atau kelurahan mungkin penduduknya hanya sekitar 15 ribu, tapi kalau melalui media sosial atau marketplace bisa menjangkau seluruh kota mendekati 2 juta orang bahkan lebih jika kita lihat secara nasional maupun dunia,” paparnya
Arief juga mengungkapkan bahwa Pemkot Tangerang juga telah menjalin kerja sama dengan Tokopedia dengan kanal Ayo Rangkul (Tangerang Bangga Komunitas Usaha Lokal) yang menjual produk khusus UMKM Kota Tangerang.
“Selain itu kami juga bekerja sama dengan Gojek untuk memudahkan pilihan pengiriman produk yang ada di Tokopedia, mengingat Gojek juga memiliki fitur pengiriman barang,” ungkap Arief.
Wali Kota juga berharap para pelaku usaha UMKM di Kota Tangerang mampu menciptakan produk – produk yang berkualitas serta kreatif dan inovatif agar bisa berkembang secara nasional maupun internasional.
“Harapannya produk bapak ibu bisa lebih kompetitif dari segi kualitas maupun harga, karena memang saat ini eranya persaingan atau kompetisi,” harap Arief.
“Mudah – mudahan dalam kegiatan ini para narasumber bisa mengarahkan bapak ibu sekalian untuk bisa berkembang lebih jauh lagi, karena UMKM di Kota Tangerang adalah penggerak ekonomi rakyat,” pungkas Arief.
Sebagai informasi, menurut data dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Tangerang hingga saat ini terdapat 100.014 (seratus ribu empat belas) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tersebar di seluruh wilayah Kota Tangerang, yang bergerak dalam bidang usaha kuliner, fashion, kerajinan, jasa dan lainnya, dengan jumlah UMKM yang begitu besar, perlu diberikan peluang untuk meningkatkan usahanya terutama dalam hal pemasaran dan penjualan. (Red)