Thursday , September 19 2024

Jelang Porprov Banten VI, Dinkes Inspeksi Kesehatan Lingkungan Hotel

Jelang Porprov Banten VI, Dinkes Inspeksi Kesehatan Lingkungan Hotel

FAKTAMEDIA.id – Menyambut gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten VI, di Kota Tangerang yang sebagai tuan rumah. Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan menggelar inspeksi Kesehatan Lingkungan Hotel, yang terletak di Kota Tangerang.

Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinkes Kota Tangerang, dr Indri Bevy mengungkapkan ada sederet suport Dinkes pada gelaran Porprov Banten VI.

Mulai dari menyiapkan tenaga kesehatan sepanjang gelaran, disebelum berlangsungnya acara Dinkes juga melakukan pengecekan kesehatan lingkungan baik di lingkungan venue cabor, hotel maupun sejumlah catering yang akan terlibat dengan Porprov Banten VI.

“Hingga saat ini, lebih dari 30 venue telah dicek standar kesehatannya. Kali ini, Dinkes tengah fokus dilingkup perhotelan, yang berpotensi akan dihuni para atlet maupun tamu Porprov Banten VI. Baru sekitar lima hotel yang dicek, ini akan kita kebut hingga semua hotel dipastikan sesuai standar kesehatan lingkungan yang telah ditetapkan,” ungkap dr Indri, Senin (7/11/22).

Ia pun menjelaskan, dalam inspeksi kesehatan lingkungan terdapat sederet poin. Diantaranya, kebersihan kamar, kualitas udara, ketepatan cahaya, kandungan air mandi maupun minum, ketepatan kadar kolam renang, kebersihan dan keamanan dapur hotel, hingga proses pembuangan dan pengolahan sampah.

“Jika ditemukan yang kurang tepat, diakhir inspeksi Dinkes akan membuat berita acara yang disepakati bersama. Bahwa, poin-poin yang dinilai kurang, pihak hotel akan segera memperbaiki sesuai standar yang ditetapkan. Tentu, dalam prosesnya Dinkes akan melakukan pendampingan,” paparnya.

Kata dr Bevy, kegiatan inspeksi kesehatan lingkungan diluar kegiatan Porprov Banten VI juga telah menjadi agenda rutin satu tahunan Dinas Kesehatan. Baik itu hotel, restaurant, mall, maupun ruang publik lainnya.

“Lewat inspeksi kesehatan lingkungan hotel ini, diharapkan dapat memberikan kepastian keamanan, kebersihan dan kenyamanan para atlet maupun tamu Porprov Banten VI. Disamping itu, menjadi stimulus hotel-hotel di Kota Tangerang untuk patuh akan aturan dan menjaga kualitas hotel demi Kota Tangerang yang layak huni,” katanya.

Sebagai informasi, inspeksi kesehatan lingkungan dari Dinas Kesehatan, akan dilanjut dengan inspeksi kesehatan catering yang terletak di Kota Tangerang. Memastikan makanan minuman atau asupan yang dikonsumsi atlet dan lainnya di acara Porporv Banten VI dalam kondisi aman dan sehat sesuai standar. (*)