Thursday , September 19 2024

Arsenal 1-3 Man City: The Citizens Memuncaki Klasemen Liga Inggris

Arsenal 1-3 Man City: The Citizens Memuncaki Klasemen Liga Inggris

FAKTAMEDIA.id – Manchester City mengambil inisiatif dalam perburuan gelar Liga Premier dengan kemenangan 3-1 yang kejam atas Arsenal untuk mengirim juara bertahan di atas The Gunners di puncak klasemen.

Dalam pertemuan yang mendebarkan di Stadion Emirates yang sesuai dengan tagihannya, silsilah peraih gelar City akhirnya diceritakan sebagai gol dari Jack Grealish (72) dan gol ke-26 dari Erling Haaland (82) memastikan kemenangan.

Sebelumnya, penalti Bukayo Saka (42), setelah Ederson dianggap melakukan pelanggaran terhadap Eddie Nketiah, membatalkan gol pembuka dari Kevin De Bruyne (24), yang melakukan penyelesaian first-time brilian atas Aaron Ramsdale menyusul backpass Takehiro Tomiyasu yang buruk.

Jalannya Pertandingan

Ruben Dias sangat penting dalam pertukaran pembukaan, dua kali melangkah di depan tembakan Eddie Nketiah untuk menyangkal striker muda itu.

Pembukaan pertama City malam itu terjadi pada menit ke -16 saat Erling Haaland memanfaatkan umpan silang Riyad Mahrez yang mewah . Namun, pemain Norwegia itu terjebak antara mencari rekan satu tim dan mencoba mencetak gol sendiri.

Nketiah, yang diperkenalkan ke tim Arsenal awal musim ini setelah cedera Gabriel Jesus, memiliki peluang ketiganya malam itu ketika ia menyambut umpan silang Oleksandr Zinchenko dengan sundulan yang melebar dari tiang gawang Ederson .

Untuk semua umpan hati-hati City dalam menghadapi tekanan Arsenal yang intens, bola panjang Ederson yang menciptakan kekacauan yang menyebabkan gol pembuka Kevin De Bruyne di pertengahan babak pertama.

Takehiro Tomiyasu, dipaksa berlari kembali ke gawangnya sendiri di bawah tekanan dari Jack Grealish , memainkan bola ke arah Aaron Ramsdale tetapi tidak memiliki kekuatan yang diperlukan untuk mencapai kiper Arsenal.

De Bruyne melihat jendela tersempit dan dengan satu pukulan sepatu kirinya melewati Ramsdale dan melepaskan bola melengkung ke dalam tiang dekat.

Tomiyasu memiliki kesempatan untuk menebus kesalahan tim tuan rumah segera tetapi tendangan voli kaki kirinya melewati gawang Ederson .

Arsenal kembali menyamakan kedudukan pada menit ke -42 setelah wasit Anthony Taylor menghadiahkan penalti kepada tuan rumah atas tabrakan antara Nketiah dan Ederson menyusul tembakan dari striker Arsenal itu.

Pemain sayap Inggris Bukayo Saka menyelesaikan tugasnya dari titik penalti, mengirim kiper kami ke arah yang salah.

Itu bukan peluang terakhir babak pertama, dengan Rodrigo menyundul tendangan bebas ke kaki Nathan Ake yang dibelokkan ke atas mistar gawang Arsenal.

Babak Kedua

City tampaknya mendapatkan penalti tepat sebelum satu jam ketika Haaland dijatuhkan oleh Gabriel. Wasit Taylor menunjuk titik putih tetapi investigasi VAR memutuskan bahwa pemain Norwegia itu offside.

Kedatangan Manuel Akanji menggantikan Mahrez membuat City beralih ke empat bek yang lebih tradisional selama 30 menit terakhir.

Bek Swiss diperkenalkan untuk memperkuat lini belakang kami tetapi dampak pertamanya pada permainan adalah di kotak lawan, melepaskan tembakan yang berhasil dihalau keluar dari garis.

Pergantian itu juga membuat Bernardo Silva pindah ke sayap kanan, di mana ia memulai pergerakan yang diakhiri dengan gol kedua City pada menit ke -72.

Dia menjentikkan bola ke Haaland yang menggulirkannya melintasi garis 18 yard dan masuk ke jalur Grealish, setelah umpan cerdik dari Ilkay Gundogan .

Penyerang Inggris itu menginjak bola dan memukul piledriver yang mengalami sedikit defleksi pada rutenya di luar Ramsdale.

Gol ketiga terjadi pada menit ke -82 ketika Gundogan memasukkan De Bruyne . Alih-alih menembak, pemain Belgia itu menemukan Haaland, yang melakukan satu sentuhan dan menyapu bola dengan kaki kanannya untuk menjadi gol ke-26 Liga Premier musim ini.

Arsenal merespons dengan putus asa tetapi City melihat tahap penutupan sebagai pernyataan niat dalam perburuan gelar Liga Premier 2022/23.

Susunan Pemain

Man City: Ederson , Walker, Dias, Ake , Rodrigo , De Bruyne (Phillips 87), Gundogan (c), Bernardo , Mahrez (Akanji 61), Grealish ( Foden 77), Haaland

Arsenal: Ramsdale, Tomiyasu (Putih 83), Saliba, Gabriel, Zinchenko, Jorginho, Xhaka (Vieira 83), Odegaard (c), Saka, Martinelli (Trossard 76), Nketiah

(Gry)