Friday , September 20 2024

Fiorentina 1-2 West Ham: The Hammers Juara Liga Konferensi Europa

Fiorentina 1-2 West Ham: The Hammers Juara Liga Konferensi Europa
The Hammers Juara Liga Konferensi Europa.

FAKTAMEDIA.id – West Ham United mengalahkan Fiorentina 2-1 untuk memenangkan Liga Konferensi Eropa. 

Jarrod Bowen mencetak gol kemenangan di menit ke-90, kemenangan itu mengamankan trofi besar pertama The Hammers dalam 43 tahun dan kemenangan trofi besar Eropa pertama mereka sejak 1965.

Gol menit-menit terakhir Jarrod Bowen memastikan kejayaan Liga Konferensi Eropa untuk West Ham dengan kemenangan dramatis 2-1 atas Fiorentina di final di Praha.

Jalannya Pertandingan

Indikator awal dari naskah pertandingan muncul dengan sendirinya di menit pembukaan. Fiorentina berusaha untuk mengontrol kepemilikan tetapi Irons berusaha untuk menyerang balik, dan hampir melakukannya saat Michail Antonio memotong ke dalam dan melepaskan tembakan rendah ke pelukan Pietro Terracciano. 

Tim tuan rumah yang ditunjuk mendominasi bola sepanjang babak pertama dan berusaha untuk memenangkan pelanggaran mudah, sebelum Rolando Mandragora mencoba tendangan jarak jauh, yang melebar jauh dari gawang Alphonse Areola.

Kapten Rice mencatatkan nyaris celaka pada menit ke-13. Lemparan ke dalam Vladimír Coufal disambut oleh Zouma, yang mengembalikan bola ke arah gelandang di tepi kotak. Di sana, Rice dengan manis memukul pantulannya, hanya saja upayanya jatuh melebar.

La Viola melakukan sepak pojok pertama, yang ditanduk oleh kapten Cristiano Biraghi untuk ditanduk Nikola Milenković. Beberapa saat kemudian, hanya tekel yang sangat bagus dari Nayef Aguerd yang menggagalkan upaya Nicolás González dari mengganggu Areola. 

Sebuah umpan silang yang bagus dari Coufal akan menemukan rekan senegaranya Soucek di lini belakang, dengan gelandang yang menjulang tinggi tanpa pamrih mencari untuk mengatur rekan setimnya yang sedang terburu-buru. Bowen paling dekat tetapi tidak bisa mencapai bola tepat waktu. 

Saat waktu tambahan empat menit diumumkan, Fiorentina mengira mereka telah mengambil keuntungan. 

Luka Jović memasukkan bola ke gawang, menyundul setelah sundulan awal dari Christian Kouamé membentur tiang, tetapi bendera asisten wasit telah dikibarkan karena offside terhadap striker tersebut. Pemeriksaan VAR pertama malam itu mengkonfirmasi kebuntuan pada interval.

Babak Kedua

Fiorentina memilih perubahan di lini depan pada babak pertama saat Arthur Cabral masuk menggantikan Jovic, tetapi peluang pertama di babak kedua jatuh ke tangan Benrahma upaya melengkung Aljazair ke arah gawang yang memenangkan sepak pojok Irons. 

Sisi Italia terus menguasai sebagian besar bola, tetapi tim West Ham dengan dorongan baru tampaknya merebut permainan dengan tengkuk leher. Sebuah bola panjang ke depan ditepis oleh Bowen dan dihubungkan dengan tangan Biraghi, mengambil bola dari penyerang Inggris. 

Pemeriksaan VAR yang panjang diikuti. Tayangan ulang menunjukkan pelanggaran dan wasit Spanyol Carlos del Cerro Grande menunjuk ke titik penalti. Naik melangkah Benrahma dan untuk ke-12 kalinya musim ini, pemain Aljazair itu mencetak gol, mengirim Claret dan Blue Army ke dalam Eden Arena ke dalam delirium. 1-0

Dalam pertandingan yang diperebutkan dengan ketat, ada harapan bahwa hanya satu gol yang cukup untuk mengamankan trofi. Tapi Fiorentina menyamakan kedudukan empat menit kemudian. 

Penghargaan harus diarahkan kepada pencetak gol tim Italia untuk penyelesaiannya. Giacomo Bonaventura memiliki banyak hal yang harus dilakukan dari knock-down González tetapi gelandang itu melakukan sentuhan dan mengarahkan penyelesaian rendah melalui celah kecil yang tersisa di pertahanan West Ham. Bola menghindari Areola dan menarik Fiorentina menyamakan kedudukan. 1-1

Setelah bertukar pukulan, permainan terasa lebih terbuka dari sebelumnya saat menit-menit berlalu. Mandragora menempatkan satu gol melebar untuk Viola sebelum Souček melihat sundulan kreatif yang secara naluriah digagalkan oleh Terracciano.

Saat 90 menit berlalu menjadi lima menit waktu tambahan, umpan tepat Paquetá menembus pertahanan Fiorentina menemukan pergerakan Bowen. Penyerang itu menjauh dari orangnya dan secara klinis menyerang, memantulkan bola melewati Terracciano yang mendekat dan masuk ke gawang yang kosong. 2-1

Adegan euforia yang hampir tidak percaya mengikuti beberapa saat setelahnya. Fiorentina tertegun. Waktu tambahan berlalu tanpa insiden dan peluit akhir dibunyikan. 

West Ham United. Juara Liga Konferensi Eropa UEFA 2023.

Susunan Pemain

ACF Fiorentina : Terracciano, Dodô, Milenković, Ranieri (Igor 84), Biraghi ©, Bonaventura, Amrabat, Mandragora, González, Jović (Cabral 46), Kouamé (Saponara 62)

Gol: Bonaventura 67

West Ham United : Areola, Coufal, Zouma (Kehrer 61), Aguerd, Emerson, Souček, Rice ©, Paquetá, Bowen, Benrahma (Fornals 76), Antonio (Ogbonna 90+3)

Gol: Benrahma (p) 62, Bowen 90+1

(Gory)