Thursday , September 19 2024

Peringati HANI, Pemkab Serang Gelar Senam Sehat

Peringati HANI, Pemkab Serang Gelar Senam Sehat
Peringati HANI, Pemkab Serang Gelar Senam Sehat

Metrobanten – Dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar senam sehat dengan tema “War On Drugs”, di halaman kantor Bupati Serang, Jl Veteran No 1, Kota Baru, Kecamatan Serang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri menyampaikan, hari anti narkotika internasional yang diperingati setiap 26 Juni sejak tahun 1989, merupakan bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dalam peredaran gelap narkotika.

“Dan seluruh bangsa-bangsa merayakan hari anti narkotika internasional ini. Narkotika ini luar biasa merusak masyarakat khususnya generasi muda, kita tidak ingin ada lost generation untuk di Kabupaten Serang.” katanya.

BACA JUGA: Program Beasiswa Pemkab Serang, 30 Guru Ikut Seleksi Pascasarjana ITB

Menurutnya, Narkoba digolongkan dalam kejahatan luar biasa dan serius, terlebih lagi kejahatan narkoba bersifat lintas negara dan terorganisir, sehingga menjadi ancaman nyata yang membutuhkan penanganan serius dan mendesak.

Hari anti narkotika internasional atau HANI sebenarnya bukanlah sebagai bentuk memperingati hari ulang tahun berdirinya suatu lembaga narkotika, tapi merupakan hari peringatan oleh seluruh bangsa dan negara-negara di dunia sebagai wujud keprihatinan untuk memberikan dukungan motivasi dan semangat kepada korban Penyalahgunaan narkotika.

Lebih lanjut, Sekda menyampaikan kepada masyarakat jika ditengah masyarakat kita ada yang terkena narkoba harus diperlakukan secara manusiawi oleh seluruh element masyarakat.

“Mereka kita bangkitkan lagi semangatnya untuk bisa kembali produktif. Sehingga dengan empaty, dengan peduli, dari warga sekitar kepada korban narkotika itu akan memberikan dorongan spirit untuk kembali hidup secara baik,” katanya.

BACA JUGA: Sachrudin Dampingi Menpora Hadiri Indonesia Open Gymnastic 2023

Selain itu, Sekda juga berharap semua komponen pemerintah serta masyarakat luas untuk saling bekerjasama dan bersatu padu dalam perang melawan narkoba, sesuai dengan kemampuan dan bidang masing-masing sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Serang bersinar atau bersih dari narkoba.

Untuk pencegahan peran masyarakat sangat penting  juga bersama dinas terkait, Universitas, BNN, dan akan terus melakukan kegiatan mensosialisasikan dan menjangkau, husus nya para generasi muda tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Dan kita juga berkordinasi dengan aparat penegak hukum untuk melakukan penindakan secara tegas dengan aturan yang berlaku, bagi pelaku pengedar narkoba.”ujarnya. (Ki)