Thursday , September 19 2024

Agung Satriawan Juara Film Pendek Tangerang Digital Festival 2023

Agung Satriawan Juara Film Pendek Tangerang Digital Festival 2023
Agung Satriawan Juara Film Pendek Tangerang Digital Festival 2023.

FAKTAMEDIA.id – Rangkaian Tangerang Digital Festival 2023 berhasil meninggalkan kesan mendalam bagi siapa pun yang turut serta dalam kegiatan yang pertama kali di gelar Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Acara yang dibalut dengan beragam perlombaan pun mendapat banyak antusias dari berbagai lapisan masyarakat. Salah satu yang menarik adalah lomba Short Movie yang mengangkat tema Kemerdekaan ini pun banyak diikuti masyarakat di Kota Tangerang.

Lomba yang dimulai pada 20 Juni 2023 ini, dalam satu bulan pendaftaran telah diikuti 28 peserta. Kreatifitas mereka pun dihadirkan dalam film yang berdurasi lima hingga 15 menit tersebut.

Setelah melalui babak penyisihan, akhirnya karya film terbaik anak muda Kota Tangerang jatuh kepada Agung Satriawan, warga Kecamatan Cibodas, dengan film yang berjudul Pak RT Merdeka.

BACA JUGA: Al Muktabar Ajak Paguyuban Peguron Jaga Stabilitas Daerah

“Alhamdulillah ini suatu kebanggan bagi saya, bisa membuat persembahan terbaik untuk Kota Tangerang lewat karya Short Movie yang saya buat bersama teman-teman. Film dengan durasi delapan menit ini menceritakan bagaimana warga yang melaporkan setiap masalah yang terjadi di sekitar kepada Pak RT. Seperti kita ketahui peran RT ini sebagai wadah aspirasi warga yang nantinya disampaikan kepada Pemerintah Daerah,” ujar Agung saat dihubungi Senin (14/8/2023).

Lanjutnya, Agung mengatakan dirinya mengkolaborasikan peran pak RT dengan fitur Lapor Laksa yang dimiliki Kota Tangerang.

Dimana fitur Lapor Laksa ini memiliki peran yang sama dengan pak RT, namun memiliki keunggulan yakni lebih cepat dan mudah diterima langsung oleh Pemerintah Daerah. Sehingga setiap aduan yang ada dari warganya dapat cepat tertangani.

Sebelumnya, film Agung juga diputar langsung pada malam pertama Tangerang Digital Festival, bersama dengan 4 film terbaik lainnya. Disaksikan langsung oleh ribuan pasang mata pengunjung yang hadir di Taman Elektrik, Puspem Kota Tangerang, Sabtu (12/8/2023).

Akhirnya pada malam terakhir diumumkan para pemenang Juara, 1, 2, dan 3, dengan mendapatkan uang tunai total senilai Rp22 Juta dan piagam penghargaan yang diberikan langsung oleh Sekretaris Darerah Kota Tangerang, Herman Suwarman, didampingi istri, Yayat Sugiarti, Minggu (13/8/2023).

BACA JUGA: Digital Fest 2023, Ribuan Pemotor Nyoride Keliling Kota Tangerang

“Tentunya dengan adanya perlombaan ini dapat terus menumbuhkan kreatifitas masyarakat Kota Tangerang. Apalagi film-film yang disajikan mengenalkan program-program milik Kota Tangerang yang telah berinovasi ke digital. Diharapkan film yang saya buat juga dapat memberikan pengetahuan kembali tentang manfaat dari fitur Lapor Laksa milik Kota Tangerang,” harap Agung.

Sementara itu, pemenang Short Movie selanjutnya pada Juara 2 diraih oleh Andika Chandra Saputra, warga Kecamatan Cipondoh, dengan film berjudul Independence Love, dan Juara 3 didapatkan oleh Muh. Noor herwansyah, warga Kecamatan Pinang dengan film yang berjudul Pahlawan. (red)