Thursday , September 19 2024

Norwegia vs Spanyol, Skor 0-1: La Furia Roja ke Euro 2024

Norwegia vs Spanyol, Skor 0-1: La Furia Roja ke Euro 2024
La Furia Roja ke Euro 2024

FAKTAMEDIA.id – Spanyol memastikan tempat mereka di Euro 2024 dengan kemenangan 1-0 atas Norwegia pada hari Minggu, juga memungkinkan Skotlandia lolos dari Grup A.

Gelandang muda Gavi mencetak gol pada awal babak kedua untuk membantu pemenang kejuaraan Eropa 2008 dan 2012 itu maju ke turnamen di Jerman musim panas mendatang, dengan dua pertandingan tersisa.

Norwegia asuhan Erling Haaland, yang terakhir kali tampil di turnamen besar Euro 2000, kini hanya berpotensi lolos melalui babak play-off.

Jalannya Pertandingan

Spanyol nyaris tidak membiarkan striker Manchester City Haaland mengendus sepanjang malam di malam yang membuat frustrasi bagi Norwegia, yang tertinggal lima poin dari lawan mereka dan Skotlandia dengan hanya satu pertandingan tersisa.

La Roja mengira mereka telah unggul pada menit ke-20 ketika Stefan Strandberg mengalihkan bola ke gawangnya sendiri dan Alvaro Morata mencetak gol dari jarak yang hampir berada di garis gawang.

Gol tersebut dianulir karena offside terhadap Morata. Umpan lambung Dani Carvajal ke depan diarahkan ke pemain sayap Brighton Ansu Fati sebelum intervensi Strandberg, dan Morata meninggalkan bola itu akan menjadi gol bunuh diri.

Gavi akhirnya membawa Spanyol unggul pada menit ke-49 setelah kemelut di area Norwegia, menyambar ketika tembakan Mikel Oyarzabal dibelokkan ke jalurnya. Skor 1-0.

Itu merupakan gol kelima pemain berusia 19 tahun itu untuk negaranya dalam 25 penampilan.

Norwegia vs Spanyol, Skor 0-1: La Furia Roja ke Euro 2024

Tendangan kapten Arsenal Martin Odegaard melebar di sisi lain saat tuan rumah melakukan serangan yang jarang terjadi, dan kiper Spanyol Unai Simon dengan nyaman menyelamatkan gawang remaja cerdas Antonio Nusa.

Norwegia yang tampil datar tidak mampu menghadapi bahaya selama delapan menit waktu tambahan, nampaknya pasrah pada nasib mereka, sementara Spanyol melakukan selebrasi setelah peluit akhir dibunyikan.

Susunan Pemain

NORWEGIA : Orjan Nyland; Julian Ryerson, Stefan Strandberg, Leo Ostigard, Birger Meling; Patrick Berg, Sander Berge; Oscar Bobb, Martin Odegaard, Fredrik Aursnes; Erling Haaland.

SPANYOL : Unai Simon; Daniel Carvajal, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Fran Garcia; Gavi, Rodri, Fabian Ruiz; Ferran Torres, Alvaro Morata, Ansu Fati.

(Ars)