Thursday , September 19 2024

Prancis Beri Kekalahan Telak Gibraltar 14-0 di Kualifikasi Euro 2024

Prancis Beri Kekalahan Telak Gibraltar 14-0 di Kualifikasi Euro 2024
Prancis Beri Kekalahan Telak Gibraltar 14-0 di Kualifikasi Euro 2024

FAKTAMEDIA.id – Dengan mengalahkan Gibraltar 14-0 di Nice, melalui hat-trick Mbappé dan satu gol Zaire-Emery, The Blues meraih kemenangan terbesar dalam sejarah mereka dan mengamankan tempat pertama grup mereka di kualifikasi Euro 2024.

Dengan mengalahkan Gibraltar 14-0 di Nice, melalui hat-trick Mbappé dan satu gol Zaire-Emery, The Blues meraih kemenangan terbesar dalam sejarah mereka dan mengamankan tempat pertama grup mereka di kualifikasi Euro 2024.

Ini adalah rekor dua puluh delapan tahun yang dihapuskan tim Prancis pada Sabtu ini, 18 November di Allianz Riviera di Nice dengan mengalahkan Gibraltar (peringkat FIFA ke-198) dengan skor 14-0. The Blues asuhan Didier Deschamps menyapu bersih kemenangan 10-0 yang diraih Aimé Jacquet melawan Azerbaijan, pada tanggal 6 September 1995 di Auxerre 

Jalannya Pertandingan

Pertandingan dengan satu arah dan serangan-pertahanan tanpa gangguan karena kekuatan yang hadir dengan cepat. 

Coman melempar Clauss ke area penalti, yang berhasil memberikan umpan silang di depan kandang. Ingin mencegat, Ethan Santos membelokkan bola ke gawangnya sendiri. 1-0.

Griezmann tenggelam di kiri. Tendangan silangnya dari kiri berhasil ditepis kiper. Bola kembali ke Marcus Thuram yang mencetak gol meski Mouelhi kembali. 2-0.

Warren Zaire-Emery berakselerasi di tengah dan menggeser Coman di sebelah kanan yang meluap dan melakukan umpan silang ke arah pemain Paris yang mengikuti aksinya. Pemulihan instannya mencapai target tetapi Habs muda terluka dan harus keluar. 3-0.

Kesalahan tangan yang dilakukan Lee Casciaro di area penalti. Penalti setelah verifikasi VAR. Kylian Mbappé mengubahnya tanpa gemetar dengan kaki yang salah. 4-0.

Dua puluh lima meter sedikit di poros kiri, Jonathan Clauss melepaskan tembakan ketat dari kanan ke jendela kandang Gibraltar. 5-0.

Umpan silang dari Théo Hernandez dari kiri. Dihalau dengan buruk oleh pertahanan, bola kembali ke Coman yang mencetak gol dengan kaki kirinya yang rata. 6-0.

Giliran Youssouf Fofana yang mengambil kesempatan dari kanan pada jarak dua puluh meter di depan kandang dan menangkap Coleing. 7-0.

 Babk Kedua

Masuk menit 63 pada umpan silang dari kanan, terjadi kesalahan dalam jarak enam belas meter yang dimanfaatkan Adrien Rabiot untuk mencetak gol dari jarak dekat. 8-0.

Prancis Beri Kekalahan Telak Gibraltar 14-0 di Kualifikasi Euro 2024

Menit ke 66, satu-dua antara Coman dan Mbappé di pintu masuk area. Dilayani oleh kaptennya, Coman maju dan menandatangani double dengan tembakan kiri. 9-0.

Memasuki permainan beberapa menit sebelumnya, Ousmane Dembele, di sisi kanan kotak penalti, melepaskan tembakan silang dari kanan yang membuat Coleing terjatuh. 10-0.

Théo Hernandez melakukan umpan silang sempurna ke kaptennya Kylian Mbappé yang kemudian mencetak dua gol. 11-0.

Kapten Prancis mengubah dua golnya menjadi hat-trick dengan menyesuaikan tembakan lob dari jarak tiga puluh lima meter dengan kaki kanannya. 12-0.

Umpan dalam dari Fofana untuk Griezmann di area area. Grizou melakukan kontrol berorientasi dada yang menempatkan Olivier Giroud dalam posisi menyerang dengan kuat menggunakan sisi kiri. 13-0.

Menit 90+1, di sisi kiri kotak penalti, Théo Hernandez menyerang dengan kuat dari kiri. Penjaga gawang lawan berusaha sekuat tenaga namun bola kembali ke Olivier Giroud yang membalas dua golnya. 14-0.

Susunan Pemain

PRANCIS : Maignan – Clauss, Upamecano lalu Saliba (81), Todibo, T. Hernandez – Zaire-Emery lalu Fofana (19), Rabiot lalu Kamara (66) – Coman lalu Dembélé (66), Griezmann, Mbappé (cap.), M. Thuram kemudian Giroud (66).

Gol:

  • Santos (3′ og), 
  • Thuram (4′), 
  • Zaïre-Emery (16′), 
  • Mbappé (30′ pen, 74′, 82′), 
  • Clauss (34′), 
  • Coman (36′, 65′), 
  • Fofana (37′), 
  • Rabiot (63′), 
  • Dembélé (73′), 
  • Giroud (89′, 90’+1minutes)

GIBRALTAR : Coleing – Sersan, R. Chipolina (cap.) lalu Olivero (61), Mouelhi, Santos – Pozo, J. Chipolina, De Haro – De Barr lalu Coombes (81), Walker lalu Jolley (61), L. Casciaro.

(Ars)