Thursday , September 19 2024

Harmoni Akulturasi Budaya Terpancar di Festival Cisadane 2023

Harmoni Akulturasi Budaya Terpancar di Festival Cisadane 2023
Festival Cisadane 2023.

FAKTAMEDIA.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang telah membuka secara resmi rangkaian Festival Cisadane 2023.

Tidak hanya menyuguhkan harmonisasi akulturasi budaya, Festival Cisadane 2023 juga menjadi momen mengenalkan salah satu tari khas Kota Tangerang, yakni Tari Berendeng Nusa.

Festival Cisadane 2023 membuktikan kekayaan budaya yang dimiliki Kota Tangerang. Salah satu ajang tahunan paling ditunggu ini, resmi dibuka dengan penampilan ciamik dari berbagai representasi kebudayaan yang tumbuh di Kota Tangerang, mulai dari Betawi, Tionghoa (Cina Benteng), sampai sentuhan budaya kontemporer.

Terlihat, Pembukaan Festival Cisadane 2023 menyuguhkan penampilan akulturasi budaya melalui kolaborasi yang menarik, meliputi Tari Kolosal, Barongsai Boen Tek Bio, Perahu Naga, sampai alunan Gambang Kromo yang turut melengkapi harmonisasi akulturasi yang berkelindan indah.

BACA JUGA: Arief Apresiasi 800 Petugas dalam Pemulihan TPA Rawa Kucing

“Ini tidak hanya sekadar festival yang seremonial, Festival Cisadane juga menjadi ajang menyuguhkan akulturasi budaya yang menjadi salah satu bukti kekayaan dan keanekaragaman budaya di Kota Tangerang,”

“Festival Cisadane ini menjadi momentum untuk mengenalkan dan mempopulerkan budaya lokal dari Kota Tangerang. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, festival kali ini menjadi kesempatan pertama kali Tari Berendeng Nusa dikenalkan kepada publik secara luas,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang, Rizal Ridolloh, Selasa, (22/11/23).

Lanjutnya, Tari Berendeng Nusa yang identik dengan kostum bernuansa kombinasi dari berbagai budaya tersebut, dibawakan dengan iringan lantunan Gambang Kromo yang merupakan salah satu Warisan Budaya Tak Benda asal Kota Tangerang.

BACA JUGA: PKK Kota Tangerang Raih Prestasi di Tingkat Provinsi Banten

“Penampilan Tari Berendeng Nusa ini berhasil memukau ratusan pengunjung yang hadir. Lebih dari itu juga menjadi bukti kekayaan dan keanekaragaman budaya di Kota Tangerang,” lanjutnya.

Selain itu, Festival Cisadane 2023 juga mengangkat berbagai budaya lokal Kota Tangerang lainnya selain Tari Berendeng Nusa, seperti barongsai khas Cina Benteng sampai musik Gambang Kromo yang lekat dengan budaya Betawi. (red)