Thursday , September 19 2024

Ketahanan Pangan, Warga Sukamulya Tanam Cabai di Pekarangan

Ketahanan Pangan, Warga Sukamulya Tanam Cabai di Pekarangan
Warga Sukamulya Tanam Cabai di Pekarangan.

FAKTAMEDIA.id – Warga Kecamatan Sukamulya melakukan kegiatan Gerakan Tanaman Pangan Cepat Panen (Gercep) bersama BPP Kaliasin dan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Kaliasin, Kecamatan Sukamulya, Selasa (02/01/2024).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka pengendalian inflasi daerah di Kabupaten Tangerang sesuai dengan surat edaran Bupati Tangerang No:B/500.6.1/5205/XI/DPKP/2023, yang mengimbau seluruh elemen pemerintah daerah dan masyarakat untuk berperan aktif dalam program Gercep.

Camat Sukamulya Asep Nurman Jaenudin mengatakan, dalam kegiatan tersebut masyarakat ikut serta untuk menanam cabai di pekarangan rumah untuk memperkuat ketahanan pangan keluarga.

“Pada kegiatan hari ini, kepala desa atau lurah serta tokoh masyarakat ikut melaksanakan penanaman cabai, sekaligus mengajak seluruh masyarakat berperan aktif dalam menekan laju inflasi yang menjadi permasalah daerah setiap tahunnya,” ujarnya.

BACA JUGA: Realisasi Investasi di Kabupaten Tangerang Capai Rp22,8 Triliun

Asep Nurman Jaenudin menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan penanaman cabai secara bertahap dan akan menanam tanaman lainnya yang bisa menopang kebutuhan pangan masyarakat khususnya di Kecamatan Sukamulya.

“Jumlah cabai yang ditanam pada tahap awal sebanyak 500 bibit pohon cabai di lokasi KWT. Ke depannya akan ada kegiatan Gercep lagi dan nanti tim KWT yang akan mengatur dan merawat tanaman tersebut di setiap lokasinya masing-masing,” jelasnya.

BACA JUGA: PT Pertamina Hulu Rokan Setor Rp80,2 Triliun ke Negara

Dia mengimbau masyarakat Sukamulya meneruskan kegiatan yang telah dilakukan saat ini, serta merawat dan menjaga tanaman cabai tersebut hingga panen.

“Saya berharap, tanaman ini dapat tumbuh dengan subur dan menghasilkan buah cabai yang banyak. Sebab, tanaman akan tumbuh subur apabila dirawat dengan baik dan penuh kasih sayang,” ucap Camat Sukamulya. (red)