Saturday , May 25 2024

Al Muktabar Lepas Keberangkatan Jamaah Calon Haji Kota Serang

Al Muktabar Lepas Keberangkatan Jamaah Calon Haji Kota Serang
Keberangkatan Jamaah Calon Haji Kota Serang.

FAKTAMEDIA.id – Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Banten, Al Muktabar melepas jamaah haji kloter 9 Kota Serang di halaman Pusat Pemerintahan Kota Serang, Selasa (14/5/2024).

Kepada para jamaah calon haji, Al Muktabar mendoakan mudah-mudahan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh.

“Kita doakan semua, mudah-mudahan dengan segala niat yang ikhlas semata mengharap ridho Allah, para jamaah haji yang akan menggenapkan rukun islam kelima ini menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” kata Al Muktabar. 

Selain itu, Al Muktabar juga berpesan agar para jamaah haji selama menjalankan ibadahnya untuk senantiasa menjaga kesehatan, sehingga seluruh rangkaian ibadah haji bisa dilaksanakan dengan baik.

BACA JUGA: Ketua DPRD Berharap Kota Tangerang Raih Juara Umum di POPDA XI

“Di sana juga akan bertemu dengan jutaan jamaah haji dari berbagai belahan negara. Untuk itu, penting bagi kita untuk bersama-sama menjaga nama besar Banten, yang dikenal dengan ketokohannya yang masyhur yakni Syekh Nawawi Al Bantani,” jelasnya.

Dikatakan Al Muktabar, ketika sudah pulang nanti, para jamaah haji diharapkan bisa menjadi teladan baik bagi keluarga maupun masyarakat sekitar terutama dalam bersikap dan menerapkan konsep ajaran islam yang rahmatan lil alamin.

“Yang pada akhirnya itu juga akan memberikan dampak lebih luas lagi, baik bagi Kota Serang maupun Provinsi Banten,” ucapnya.

Kata Al Muktabar, kuota haji secara nasional terus mengalami penambahan. Hal itu tidak terlepas dari upaya yang dilakukan Presiden dan Wakil Presiden atas diplomasi yang dilakukan kepada Pemerintah Arab Saudi.

“Provinsi Banten dengan jumlah warganya yang mencapai 12 juta lebih, menempati posisi urutan keempat terbesar jumlah jamaah haji yang diberangkatkan,” ujarnya.

BACA JUGA: Pj Bupati Lepas Keberangkatan 384 JCH Asal Kabupaten Tangerang

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Kota Serang, Encep Safrudin Muhyi menambahkan, kuota untuk Kota Serang tahun ini lebih banyak dari pada tahun lalu. Pada tahun lalu kuota kita ada 890 sedangkan untuk tahun ini 1.070, dimana usia jamaah yang paling sepuh 89 tahun dan yang paling muda 21 tahun.

“Kita bagi menjadi empat kloter, pertama hari ini kloter 9, kedua tanggal 21 Mei, lalu tanggal 26 dan terakhir nanti kloter gabungan yakni kloter 64. Yang sekarang diberangkatkan ada 440 jamaah,” katanya. (red)