Thursday , July 18 2024

Hari Kusta Sedunia, Arief Harapkan Penderita Kusta Tetap Produktif

Hari Kusta Sedunia, Arief Harapkan Penderita Kusta Tetap Produktif
Hari Kusta Sedunia, Arief Harapkan Penderita Kusta Tetap Produktif.

 

FAKTAMEDIA.ID – Wali Kota Tangerang Arief R, Wismansyah menghadiri acara Peringatan Hari Kusta Sedunia tahun 2022 yang mengusung tema “Mari Bersama Hapuskan Stigma dan Diskriminasi Kusta” yang turut pula dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono.

Arief mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menghilangkan stigma dan diskriminasi kepada para penderita kusta agar tetap dapat hidup berdampingan dengan masyarakat lain.

“Pemerintah Kota Tangerang sejak dulu telah menghapus stigma terhadap penderita kusta. Dan menjadikan mereka bagian dari keluarga Pemkot Tangerang,” ungkap Arief dalam acara yang berlangsung di RSUP Dr. Sitanala, Kota Tangerang, Senin (31/1).

BACA JUGA: Wagub Banten Buka Kejurda Shorinji Kempo Dewa Dewi Cup 2022

“Sebagai petugas kebersihan agar mereka tetap produktif,” imbuhnya.

Wali Kota menambahkan selain langkah pengobatan, perlunya edukasi tentang pencegahan dan penyebab penyakit kusta juga perlu diberikan kepada masyarakat sehingga penanganan bisa dilakukan sedini mungkin.

“Pemda ikut andil dalam melakukan pelacakan dini di masyarakat agar bisa segera mendapat penanganan yang optimal melalui peran kader kesehatan di wilayah,” jelas Arief.

BACA JUGA: Aplikasi Serang Open Dibuka, Pemohon Sudah Boleh Ajukan Bansos dan Hibah

Senada dengan Wali Kota, Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono mengatakan deteksi dini serta edukasi yang baik kepada masyarakat tentang penyakit kusta sangat diperlukan demi program eliminasi penderita kusta di Indonesia dapat segera terealisasi.

“Selain eliminasi, stigma dan diskrimasi kepada penderita kusta juga bisa dihilangkan,” tutup Wamenkes. (Red)