Wednesday , July 24 2024

Hasil Pertandingan Euro 2024, Jerman vs Denmark: Skor 2-0

Hasil Pertandingan Euro 2024, Jerman vs Denmark: Skor 2-0
Jerman 2-0 Denmark.

FAKTAMEDIA.id – Jerman mencapai perempat final pertama mereka dalam empat upaya di turnamen besar saat gol dari Kai Havertz dan Jamal Musiala memastikan kemenangan 2-0 atas Denmark dalam pertandingan yang tertunda karena badai dan kontroversial di Dortmund.

Penalti Kai Havertz di babak kedua dan gol ketiga Jamal Musiala memastikan tempat di perempat final Euro 2024.

Jerman selanjutnya akan bermain di babak perempat final pada hari Jumat depan (5 Juli, 18:00 CEST), menghadapi pemenang pertandingan antara Spanyol dan Georgia pada hari Minggu (21:00 CEST).

Jalannya Pertandingan

Jerman menikmati sebagian besar penguasaan bola di awal pertandingan, sementara Denmark juga berusaha untuk unggul.

Tuan rumah turnamen mengira mereka telah memimpin dari serangan pertama mereka yang mengancam, ketika Schlotterbeck menyundul bola dari tendangan sudut, namun Kimmich dinilai melakukan pelanggaran dalam persiapannya (4′).

Jerman terus menekan, saat Kimmich menguji Kasper Schmeichel beberapa saat kemudian dengan tendangan jarak jauh yang berapi-api, dan dari tendangan sudut yang dihasilkan, Schlotterbeck memaksa kiper Denmark tersebut melakukan penyelamatan berikutnya dengan sundulan berbahaya (7′).

Schmeichel tampil tanpa henti di awal pertandingan, saat ia menepis upaya Havertz ke tiang gawang setelah sang striker menerima umpan silang Rüdiger dengan brilian (11′).

Berkali-kali, Jerman merebut kembali penguasaan bola di wilayah pertahanan Denmark, dan baru setelah dua puluh menit pertandingan berjalan, Denmark mampu sedikit menenangkan diri dan mengalihkan bola ke wilayah pertahanan Jerman.

Lalu, tiba-tiba, Denmark terlihat berbahaya, ketika Christian Eriksen memberikan umpan panjang dan menerobos pertahanan Jerman: dibutuhkan intervensi di menit-menit akhir dari Rüdiger untuk memblok tembakan sang gelandang (21′).

Beberapa saat kemudian, Joakim Maehle melepaskan tendangan rebound beberapa inci dari sudut sempit melewati bingkai gawang (24′).

Peluang-peluang kemudian menjadi langka bagi kedua belah pihak sebelum Michael Oliver menghentikan sementara permainan karena kondisi cuaca buruk pada menit ke-35.

Butuh waktu sekitar 25 menit hingga permainan dilanjutkan, dan ketika itu terjadi, Jerman-lah yang memulai dengan lebih baik.

Pertama, Schmeichel menggagalkan Havertz dengan refleks penyelamatan, dan tepat setelah itu Schlotterbeck hanya bisa menemukan gawang samping dengan sundulannya (37′).

Hasil Pertandingan Euro 2024, Jerman vs Denmark: Skor 2-0

 Akan tetapi, permainan tetap terbuka – Schlotterbeck kehilangan penguasaan bola di area penaltinya sendiri, yang memberi peluang kepada Rasmus Höjlund, dengan sang penyerang menemukan gawang samping sendiri (42′).

Tepat sebelum peluit babak pertama, Höjlund digagalkan oleh Neuer dalam situasi satu lawan satu (45′).

Babak Kedua

Awal babak kedua penuh gejolak: Joachim Andersen mengira ia mencetak gol melalui skenario tendangan bebas, namun pemeriksaan VAR menunjukkan ia berada dalam posisi offside (48′).

Teknologi video selanjutnya digunakan beberapa detik kemudian, kali ini membawa penalti bagi Jerman.

Andersen yang hampir mencetak gol memainkan bola dengan tangannya di dalam kotaknya sendiri ketika Raum mencoba melakukan umpan silang, dan Havertz memasukkan bola tepat ke sudut bawah dari tendangan penalti yang dihasilkan. Skor 1-0.

Sang striker nyaris menggandakan keunggulan Jerman, namun tendangannya masih melebar dari tiang gawang Schmeichel (59′).

Nagelsmann membuat perubahan pertama dalam permainan, saat Emre Can dan Niclas Füllkrug menggantikan Andrich dan Gündogan (65′).

Denmark tidak menyerah begitu saja, dan bahkan memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan melalui Höjlund, tetapi penyerang itu sekali lagi dikalahkan oleh Neuer (66′).

Musiala lebih sukses di sisi lain, ia menyambut umpan panjang Schlotterbeck, menyelesaikannya dengan rapi dan merayakan gol ketiganya di turnamen tersebut. Skor 2-0.

Denmark mengerahkan segalanya untuk mencari jalan kembali dalam permainan sekali lagi, tetapi hanya mampu menciptakan setengah peluang.

Pergantian pemain selanjutnya terjadi pada menit ke-80, ketika Benjamin Henrichs menggantikan Raum untuk melakukan debut turnamennya, sementara Wirtz menggantikan Musiala.

Di menit-menit terakhir, Denmark menyerang dan Jerman berupaya melakukan serangan balik, namun hasilnya tetap sama hingga waktu penuh. Waldemar Anton dimasukkan menggantikan Sané pada menit ke-88 untuk melakukan debutnya di EURO.

(Ars)