Tuesday , July 16 2024

KAI Tambah Fasilitas untuk Pemeriksaan Tes GeNose di 6 Stasiun

KAI Tambah Fasilitas untuk Pemeriksaan Tes GeNose di 6 Stasiun
Adapun tambahan 6 Stasiun tersebut yakni Stasiun Gambir, Solo Balapan, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, dan Surabaya Pasar Turi.
x

FAKTAMEDIA.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menambah fasilitas layanan pemeriksaan GeNose C19 di 6 Stasiun. Semula fasilitas ini hanya tersedia di 2 Stasiun saja yakni Pasar Senen dan Yogyakarta.

Adapun tambahan 6 Stasiun tersebut yakni Stasiun Gambir, Solo Balapan, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, dan Surabaya Pasar Turi. Sehingga total fasilitas layanan pemerksiaan kesehatan dengan GeNose ada tersedia di 8 Stasiun.

Baca juga: Bea Cukai Kota Surakarta sita Satu Truk Rokok Ilegal

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, penambahan fasilitas ini sebagai bentuk peningkatan pelayanan bagi pelanggan. Jumlah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 akan terus ditambah secara bertahap.

“Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi pelanggan dalam rangka pemenuhan persyaratan perjalanan kereta api,” ujarnya dalam keterangannya, Sabtu (13/2/2021).

Baca juga: Jelang Hut ke-28, Pemkot Tangerang Mulai Kembali Program Bedah Rumah

Layanan pemeriksaan GeNose C19 merupakan hasil sinergi BUMN antara KAI dan Rajawali Nusantara Indonesia melalui anak usahanya Rajawali Nusindo, serta Universitas Gadjah Mada. Adapun biaya untuk mendapatkan layanan ini adalah Rp20.000. “Penambahan penyediaan layanan ini juga merupakan perwujudan dari dukungan KAI bangga buatan Indonesia,” ucap Joni.

Sesuai SE Kemenhub No 20 Tahun 2021, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum jam keberangkatan. (red)