Saturday , May 25 2024

Pj Walikota Serang Cek Harga Pangan di Pasar Tradisional

Pj Walikota Serang Cek Harga Pangan di Pasar Tradisional
Pj Walikota Serang Cek Harga Pangan.

FAKTAMEDIA.id – Pj Walikota Serang Yedi Rahmat bersama Asda II Kota Serang Yudi Suryadi, Kabid Pasar Diskopukmperindag Kota Serang melakukan monitoring harga-harga sembako di Pasar Lama, untuk mengantisipasi inflasi yang naik pasca puasa dan Idul Fitri. Senin (22/4).  

Dalam wawancara dengan Pj Walikota Serang Yedi Rahmat setelah selesai berkeliling pasar cek harga bahan pokok yang naik, ia mengatakan bawang merah naik paling dominan.

“Bawang merah dominan naik hingga 75%, namun cabai merah turun hingga 40ribu/kg dan sayuran-sayuran stabil”, ucapnya. 

Lebih lanjut ia menjelaskan kenaikan yang terjadi hampir disemua daerah. 

BACA JUGA: Pemkot Tangerang Lakukan Proses Penataan Pasar Sipon Cipondoh

“Bukan hanya di Kota Serang, tadi saya nanya pedagang sekarang pembelinya yang berkurang meski stok barangnya ada banyak”, jelasnya. 

“Kita harus terus memantau inflasi selaku pemerintah daerah, jangan sampai terjadi kenaikan”, imbuhnya.

Lebih lanjut ia akan mengupayakan langkah yang pasti seperti swasembada bahan pangan seperti yang lalu panen bawang, yang nanti juga akan kembali panen karena ditanamnya dilakukan secara bertahap dan sebagian, tidak serentak dan menyeluruh. 

Disinggung langkah apa yang akan dilakukan Pemkot Serang, ia mengatakan ada kegiatan-kegiatan setiap OPD yang terkait baik secara langsung seperti membeli bibit, dan tidak langsung dari OPD yang tidak terkait.

Terakhir ia menuturkan akan mengupayakan BUMD Kota Serang dan warung inflasi. 

“Akan ada wadah untuk memberikan subsidi kepada masyarakat dan petani melalui BUMD yang akan dibuat, karena selama ini kita hanya melalui BUMD Provinsi Banten”, ucapnya. 

“Dan ada warung inflasi yang mengontrol dan menangani kenaikan bahan pokok agar pedagang tidak sembarangan menaikan harga”, tutupnya. 

Sedangkan wawancara dengan Lina salah satu pedagang yang ada di pasar lama, ia mengatakan kenaikan harga bawang merah memang sudah lama mengalami kenaikan semenjak sebelum lebaran dan sampai saat ini setelah lebaran.

BACA JUGA: Nurdin Apresiasi Pengobatan Gratis di Sekolah Dharma Widya

Lebih lanjut ia menuturkan dengan kenaikan harga bawang merah ini, tentu mempengaruhi terhadap daya beli masyarakat.

“Dan untuk harga bawang merah sendiri di pasar lama masih di kisaran harga 80ribu/kg yang biasanya 40ribu, disusul dengan harga tomat sekarang mencapai 30ribu/kg dan harga cabai 50ribu sampai 60ribu perkilogram”, ucap Lina. 

Ia pun berharap hasil dari upaya Pemkot Serang.

“Setelah pengecekan harga ini, saya berharap semoga harga bawang merah bisa segera turun dan kembali banyak pembeli nya”, harapannya

Lina menambahkan dengan kondisi saat ini para pembeli yang datang memang masih mengeluhkan dengan kenaikan harga bawang merah dan tomat serta cabai. 

“Ya setiap pembeli datang mengeluhnya gitu, teh Lina udah lebaran masih tinggi aja harganya”, ucapnya saat menirukan pembeli. “Suka kasihan kalau lihat pembeli yang mengeluhkan harga bawang merah”, lanjutnya. 

Diakhir penyampaiannya, Lina beserta para pedagang di pasar lama berharap setelah pengecekan oleh pemerintah Kota Serang, harga-harga barang tersebut mengalami penurunan, sehingga pembeli tidak banyak mengeluh dan tentunya akan banyak lagi pembeli yang datang. 

“Semoga dengan adanya pengecekan harga ini, pemerintah Kota Serang bisa segera melakukan upaya untuk menstabilkan harga bawang merah dan komoditas lainnya di pasar lama ini”, tutupnya. (red)