Platform YouTube Akan Kurangi Produksi Konten Original

Platform YouTube Akan Kurangi Produksi Konten Original
Platform YouTube Akan Kurangi Produksi Konten Original.

 

FAKTAMEDIA.ID – Platform video streaming populer, YouTube, menyatakan bakal mengurangi secara signifikan produksi konten YouTube Originals.

Konten YouTube Originals sendiri merupakan konten asli buatan perusahaan yang termasuk serial, video pendidikan, musik, hingga program selebriti.

Informasi ini diumumkan langsung oleh Chief Business Officer YouTube, Robert Kyncl, melalui postingan di akun Twitter-nya.

Dia menyebut bahwa perusahaan telah memiliki lebih dari 2 juta kreator dalam YouTube Partner Program dalam tiga tahun terakhir.

“Dengan pertumbuhan yang cepat, muncul peluang baru dan sekarang investasi kami dapat membuat dampak yang lebih besar pada lebih banyak kreator ketika diterapkan ke inisiatif lain, seperti Dana Pendek Kreator, Dana Black Voices, dan program Belanja Langsung untuk beberapa nama,” kata Kyncl, dikutip dari The Verge, Kamis (22/1/2022).

Untuk itu, perusahaan menyatakan akan tetap menghormati komitmen konten yang sudah dikontrak dan yang sedang berlangsung. Mereka akan menghubungi pihak-pihak terkait untuk komunikasi lebih lanjut dalam waktu dekat.

“Terakhir, kami ingin berterima kasih kepada para pembuat konten, karena telah bermitra dengan kami untuk membuat cerita yang inovatif dan inspiratif, serta kami berharap dapat terus mengembangkan bisnis kalian di YouTube untuk seterusnya,” ujarnya.

Kyncl menyebut perusahaan memutuskan untuk mengurangi konten YouTube Originals mereka. Ke depan, lanjutnya, perusahaan akan fokus mendanai program yang menjadi bagian dari Black Voices dan YouTube Kids Funds. .

YouTube Originals sejauh ini telah mengubah pendekatan mereka selama bertahun-tahun. Dibuat pertama kali pada 2016 dan dipimpin oleh Susanne Daniels, program ini dimulai dengan acara dan film bernaskah yang berfokus pada kreator, seperti serial komedi-thriller Scare PewDiePie.

Kemudian, perusahaan mulai beralih ke konten yang didukung iklan yang menampilkan selebritas seperti Katy Perry dan Kevin Hart, gratis untuk diakses pengguna tanpa berlangganan.

Namun selama enam tahun, YouTube membuat beberapa judul yang diklaim menjadi hits.

YouTube mengatakan akan menghormati komitmen yang ada untuk acara yang sedang berlangsung dan akan menghubungi pembuat konten dalam beberapa hari mendatang. (TIA)

Sebagai informasi, YouTube Originals dibentuk oleh perusahaan pada 2016. Divisi ini didedikasikan khusus untuk menghadirkan program anyar bersama para konten kreator. Tim ini dipimpin oleh Susanne Daniels.

Awalnya, program ini dimulai dengan acara dan film yang berfokus pada kreator seperti PewDiePie, yang mendapatkan ratusan juta penonton. Selanjutnya, perusahaan juga mulai beralih menghadirkan konten yang melibatkan para selebritas.

Dalam pengumumannya, disebutkan juga bahwa Daniels akan meninggalkan perusahaan mulai Maret mendatang. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan mereka pada keputusan untuk mengurangi secara signifikan program YouTube Originals.

(ATR)