Wednesday , July 24 2024

Prancis Kalahkan Portugal Lewat Adu Penalti 5-3

Prancis Kalahkan Portugal Lewat Adu Penalti 5-3
Prancis lolos ke semifinal Uefa Euro 2024.

FAKTAMEDIA.id – Theo Hernandez mencetak penalti kemenangan saat Prancis mengalahkan Portugal di perempat final UEFA EURO 2024.

Prancis memastikan diri lolos ke semifinal Uefa Euro 2024 melawan Spanyol setelah mengalahkan Portugal melalui adu penalti menyusul hasil imbang 0-0 setelah perpanjangan waktu di Hamburg.

Jalannya Pertandingan

Portugal pernah mengalahkan Slovenia lewat adu penalti di babak 16 besar, tetapi kali ini mereka tidak mampu mengulangi prestasi itu karena Les Bleus menang dalam pertandingan ketat.

Setelah pertukaran bola dan umpan, gelandang Portugal Bruno Fernandes melakukan upaya pertama yang sah dalam permainan, tendangannya dari jarak jauh hanya membentur tiang gawang Mike Maignan.

Bek sayap Prancis Theo Hernandez kemudian membalasnya dengan tendangan keras dari luar kotak penalti, yang berhasil ditepis Diogo Costa hingga menjauh dari bahaya.

Babak pertama yang berlangsung hati-hati diikuti dengan hal yang sama di awal babak kedua, hingga Fernandes berhasil mencetak gol setelah satu jam pertandingan, tendangan rendahnya berhasil diselamatkan dengan baik oleh Maignan sebelum João Cancelo melepaskan tendangan melengkung yang melayang di atas mistar gawang.

Tiba-tiba Portugal mendapatkan momentum, dan Maignan kembali berdiri tegak untuk menangkis upaya naluriah Vitinha saat sang gelandang menusuk ke arah gawang dari umpan silang Rafael Leão.

Pertandingan mulai terbuka dan tampak seolah-olah Randal Kolo Muani akan memecah kebuntuan saat ia diberi umpan, tetapi Rúben Dias dengan heroik memblok tendangannya di menit akhir.

Prancis Kalahkan Portugal Lewat Adu Penalti 5-3

Setelah serangkaian peluang itu, pertahanan lawan kembali unggul dan perpanjangan waktu pun tak terelakkan.

Cristiano Ronaldo juga tampak akan mencetak gol dari jarak dekat pada menit ke-94, tetapi umpan silang Bernardo Silva berada tepat di belakangnya dan ia hanya bisa melesatkannya ke atas.

Pertandingan berlanjut ke adu penalti, dan setelah tendangan João Félix membentur tiang gawang pada percobaan ketiga Portugal, Theo Hernández tidak membuat kesalahan untuk membuat para penggemar Prancis bersorak kegirangan dan memastikan pertandingan empat besar dengan Spanyol di Munich pada hari Selasa.

Dembélé mengubah permainan untuk Prancis dan mencetak gol penalti. Kecepatan dan kemampuannya membuatnya selalu berbahaya.

Susunan Pemain:

Portugal : Diogo Costa; Cancelo (Semedo 74), Pepe, Rúben Dias, Nuno Mendes; Vitinha (Matheus Nunes 119), Palhinha (Rúben Neves 90+2), Bruno Fernandes (Francisco Conceição 74); Bernardo Silva, Ronaldo, Rafael Leão (João Félix 106)

Perancis : Maignan; Koundé, Upamecano, Saliba, Hernández; Kanté, Tchouameni, Camavinga (Fofana 91); Kolo Muani (Thuram 86), Griezmann (Dembélé 67 ) , Mbappé (Barcola 106)

(Ars)