Wednesday , July 24 2024

Semua Ormas Islam Bersatu Sukseskan Hari Santri di Pandeglang

Semua Ormas Islam Bersatu Sukseskan Hari Santri Di Pandeglang

FAKTAMEDIA.id – Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, bahwa tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional (HSN).

Dan pada peringatan HSN ke 8 di Pandeglang telah mengukir sejarah, dengan bergabungnya semua ormas islam untuk mensukseskan HSN ke 8 di Pandeglang.

“Ini memntum bersejarah, tiga ormas islam yang besar bersatu bersama mensukseskan HSN. Ini ridho Allah yang diberikan kepada kita semua”, demikian dikatakan Bupati Pandeglang Irna Narulita pada upacara peringatan HSK ke 8 di Kabupaten Pandeglang, Sabtu (22/10/2022) yang dipusatkan di Alun – alun Pandeglang.

Dikatakan Irna, suksesnya hari santri ini memang tidak lepas dari perjuangan semua pihak yang bahu membahu bekerja untuk suksesnya HSN di Pandeglang.

“Kami ucapkan terimakasih kepada panitia, khususnya para pimpinan ormas keagamaan di Kabupaten Pandeglang, Nahdhatul Ulama, Muhamadiyah dan Mathla’ul Anwar”, ujarnya.

Hsn ke 8 tahun 2022 mengusung tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. Tema ini kata Irna, memiliki makna bahwa santri tidak hanya ahli ilmu agama, tetapi juga mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Meski demikian, santri tidak melupakan tugas utamanya untuk menjaga agama. Dan, agama sendiri memiliki tujuan utama yaitu untuk memuliakan manusia”, ujarnya.

Masih kata Irna, santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan atau hifdzunnafs adalah essensi ajaran agama, terutama ditengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk.

“Karena menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia”, tandasnya.

Ketua Panitia Hari Santri TB Nurjaman mengatakan, puncak HSN hari ini tanggal 22 Oktober, dan seluruh rangkaian hari santri ke 8 tahun 2022 telah dilaksanakan.

“Banyak kegiatan yang kami laksanakan dalam memriahkan HSN yaitu lomba marhaba, marawis, hadroh, mars hari santri, kaligrafi, senam santri, pidato tiga bahasa, dan qiroatul kutub”, katanya.

Menurut Nurjaman, bukan hanya saja acaranya yang meriah, peringata HSN tahun ini mengukir sejarah dalam 7 tahun terakhir semenjak ada peringatan HSN ditingkat Kabupaten. (*)