Friday , October 18 2024

Manchester City Raih Kemenangan Telak 5-1 Atas Luton Town

Manchester City Raih Kemenangan Telak 5-1 Atas Luton Town
Manchester City Raih Kemenangan Telak 5-1 Atas Luton Town

FAKTAMEDIA.id – Manchester City naik ke puncak Liga Premier dengan kemenangan 5-1 atas Luton Town.

Sang juara bertahan memegang kendali penuh dari awal hingga akhir melawan Hatters yang sedang kesulitan.

Sebuah gol bunuh diri di awal pertandingan yang terjadi dalam waktu dua menit memberi the Blues awal yang sempurna, namun tim tamu bertahan hingga turun minum hanya tertinggal satu gol.

Jalannya Pertandingan

City unggul dalam waktu 70 detik melalui gol bunuh diri yang aneh.

Kevin De Bruyne menyelipkan Erling Haaland ke gawang, namun upayanya digagalkan oleh penyelamatan kiper Luton Thomas Kaminski, Jeremy Doku kemudian mengumpulkan bola lepas dan melihat usahanya diblok sebelum Haaland secara spektakuler melepaskan tembakan voli ke arah wajah Daiki Hashioka yang terbang ke gawang. 

Setengah peluang kemudian datang dan pergi sering kali bagi The Blues, namun akurasi dan kekuatan dari upaya tersebut agak berkurang sampai Matheus Nunes masuk ke belakang lini belakang Luton dan melihat tembakan rendahnya menyentuh bagian luar tiang kiri.

Itu adalah dominasi total City saat The Hatters menguasai bola dan memadati kotak penalti mereka sendiri, namun meski ada beberapa upaya tepat sasaran, itu bukanlah 45 menit pertama yang paling menegangkan.

Babak Kedua

Hal yang sama terjadi setelah jeda, The Blues menciptakan peluang demi peluang, namun hanya sedikit upaya yang menemui sasaran.

Satu umpan indah dari Ederson membuat Nunes unggul di depan gawang, namun pemain Portugal itu terpeleset saat ia mendekati kotak penalti dan peluang itu hilang.

Manchester City Raih Kemenangan Telak 5-1 Atas Luton Town

Julian Alvarez , Kevin De Bruyne dan Ruben Dias semuanya mengirimkan tembakan saat Luton bertahan hingga akhirnya tendangan sudut pendek membuat Alvarez memberi umpan kepada Kovacic yang melepaskan tembakan keras ke bagian atas gawang dari dalam kotak penalti untuk menjadikannya gol kedua. 2-0 dengan 64 menit bermain.

Hampir seketika Luton keluar dari blok rendah mereka dan Jordan Clarke melihat sebuah tembakan membentur mistar gawang – tembakan pertama Hatters dalam pertandingan tersebut!

Pertandingan tiba-tiba menjadi jauh lebih terbuka dan pada menit 76, The Blues memastikan poin.

Doku, yang terus memberikan ancaman di sayap kiri, melewati Fred Onyedinma yang kakinya tertinggal membuat pemain Belgia itu terjatuh di dalam kotak. Haaland tidak membuat kesalahan dari titik penalti golnya yang ke-31 musim ini. Skor 3-0

Setelah menawarkan sedikit atau tidak sama sekali dalam serangan, Luton membalaskan satu gol.

Nunes kehilangan penguasaan bola di tepi kotak penalti pada menit ke-81 dan Ross Barkley mengeksekusi bola melewati Ederson. Skor 3-1

Untungnya, masih ada waktu bagi City untuk merestorasi keunggulan tiga gol melalui upaya individu cantik dari Doku yang tampil impresif di menit ke-87 untuk mengubah skor menjadi 4-1.

Dan pemain sayap Belgia itu kemudian memberi umpan kepada Josko Gvardiol di waktu tambahan untuk mengubah kedudukan menjadi 5-1, dengan pemain Kroasia itu mencetak gol keduanya secara berturut-turut dengan penyelesaian luar biasa lainnya.

Susunan Pemain:

CITY: Ederson, Lewis, Akanji, Dias, Gvardiol, Kovacic, Nunes, De Bruyne (Gomez 81), Alvarez, Doku, Haaland (Bobb 81)

Gol: D Hashioka (2′ LT) M Kovacic (64′) E Haaland (76′ pen) J Doku (87′) J Gvardiol (90+3′)

LUTON TOWN: Kaminski, Onyedinma (Nelson 88), Hashioka, Burke, Doughty, Chong, Barkley, Berry (Mpanzu 77), Clark (Johnson 88), Morris, Townsend (Woodrow 59).

Gol: Barkley (81′)

(Ars)