Wednesday , July 17 2024

Ajax 0-3 Liverpool: Mohamed Salah Membawa The Reds Kemenangan

Ajax 0-3 Liverpool: Mohamed Salah Memastikan The Reds Menang

FAKTAMEDIA.id – Liverpool lolos ke babak sistem gugur Liga Champions dengan kemenangan tandang 3-0 di AFC Ajax.

Gol-gol bagus dari Mohamed Salah, Darwin Nunez dan Harvey Elliott memastikan The Reds setidaknya menempati posisi kedua di Grup A dan, oleh karena itu, satu tempat di babak 16 besar kompetisi klub utama Eropa.

Salah membuka skor di Johan Cruijff Arena pada menit ke-42, sebelum Nunez dan Elliott memperbesar keunggulan tim tamu di awal babak kedua.

Ada tiga perubahan pada XI Jürgen Klopp, dengan Nunez, Jordan Henderson dan Trent Alexander-Arnold semuanya kembali ke susunan pemain.

Jalannya Pertandingan

Didukung oleh penonton yang terjual habis dalam pertandingan yang harus dimenangkan, tuan rumah bisa saja unggul dalam tiga menit.

Liverpool, bagaimanapun, memiliki pos untuk berterima kasih setelah satu-dua antara Brian Brobbey dan Steven Berghuis di dalam kotak melihat upaya terakhir menabrak mistar dan memantul dengan jelas.

Ajax melanjutkan untuk membuat sejumlah bukaan lain selama sisa babak pertama.

Tendangan melengkung Berghuis melebar dari jarak sekitar 25 yard, sebelum tendangan melengkung Jorge Sanchez memaksa Alisson melakukan penyelamatan yang nyaman.

Peluang pertama The Reds datang dari sayap kiri, dengan penguasaan bola yang sangat panjang berakhir dengan Andy Robertson membentur jaring samping dari sudut sempit.

Di sisi lain, peluang besar lainnya jatuh ke tangan juara Eredivisie tetapi Alexander-Arnold berada di posisi untuk melakukan blok vital, menghentikan tembakan Dusan Tadic menyusul serangan balik yang gagal membobol gawang.

Pasukan Klopp menyelesaikan babak dengan kuat, dan membuat terobosan beberapa menit sebelum jeda.

Umpan luar dari Henderson ditepis dengan cemerlang di atas Remko Pasveer yang bergerak cepat oleh sepatu kiri Salah, yang menyaksikan bola masuk ke gawang yang tidak dijaga.

Sedetik bisa saja segera menyusul, tetapi tendangan Nunez membentur tiang dari jarak dekat setelah Roberto Firmino memberikan umpan kepadanya dengan umpan yang biasanya tidak egois di muka gawang.

Babak kedua

Namun Nunez tidak perlu menunggu lama setelah turun minum untuk mencetak gol.

Pemain bernomor 27 itu menambahkan empat menit kedua bagi timnya setelah restart, melepaskan sundulan ke sisi jauh gawang dari sepak pojok Robertson.

Itu juga 3-0 tiga menit kemudian, ketika Salah memainkan umpan sempurna satu inci yang ditembakkan ke atap gawang oleh Elliott dari sudut yang tidak menguntungkan.

Ajax nyaris membalaskan satu gol melalui pemain pengganti Kenneth Taylor dan Jurrien Timber, yang keduanya melenceng dari sasaran dengan tembakan dari dalam kotak penalti.

Tapi Liverpool berhasil melihat permainan keluar untuk mengamankan kualifikasi dengan satu pertandingan tersisa.

Susunan Pemain:

Ajax: Remko Pasveer; Jorge Sanchez, Jurrien Timber, Daley Blind (Owen Wijndal 58′), Calvin Bassey; Davy Klaassen (Mohammed Kudus 58′), Edson Alvarez (Florian Grillitsch 85′), Steven Berghuis (Francisco Conceicao 85′); Steven Bergwijn, Brian Brobbey (Kenneth Taylor 63′), Dusan Tadic

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson (Kostas Tsimikas 87′); Jordan Henderson (James Milner 71′), Fabinho (Stefan Bajcetic 71′), Harvey Elliott (Fabio Carvalho 71′); Mohamed Salah, Roberto Firmino, Darwin Nunez (Curtis Jones 63′)

(Arsa)