Wednesday , July 17 2024

Dilanda Banjir, Lalu Lintas di DKI Jakarta Terganggu

Dilanda Banjir, Lalu Lintas di DKI Jakarta Terganggu
Petugas Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Timur menerapkan ‘contraflow’ atau lawan arah untuk mengalihkan arus kendaraan.
x

FAKTAMEDIA.ID – Polda Metro Jaya melaporkan hujan dengan intensitas tinggi pada Sabtu (20/2) dini hari menyebabkan banjir di beberapa titik Ibu Kota DKI Jakarta hingga mengganggu arus lalu lintas.

Beberapa ruas jalan protokol hingga tol terendam genangan air hingga menimbulkan kemacetan.

Menurut pantauan Twitter @TMCPoldaMetro, ruas Jalan Raya Pondok Gede, Jakarta Timur, tidak dapat dilewati kendaraan akibat banjir.

Sementara itu, banjir menyebabkan Underpass Jalan D.I Panjaitan, Jakarta Timur, tidak bisa dilintasi kendaraan per pukul 08.42 WIB.

Baca juga: 46 Paus Pilot Mati Terdampar di Pantai Bangkalan Madura

Petugas Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Timur menerapkan ‘contraflow’ atau lawan arah untuk mengalihkan arus kendaraan dari arah Cawang yang menuju Cililitan akibat dampak banjir di sekitar terowongan tersebut.

“Kita arahkan pengendara melalui jalur aman agar terhindar dari genangan air,” ujar Kasatlantas Polrestro Jakarta Timur, Kompol Telly Bahute di Jakarta seperti dikutip Antara.

TMC Polda Metro Jaya menuturkan sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta barat juga tak bisa dilintasi kendaraan akibat terendam genangan air.

Baca juga: Gardu Rusak Karena Banjir, 666 Pelanggan PLN Jakarta Terkena Pemadaman Listrik

Banjir turut menggenangi Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, setinggi 70 sentimeter dan Jalan Kapten Tendean. Kedua titik itu tidak dapat dilewati kendaraan.

Banjir juga merendam sebagian ruas tol TB Simatupang dan ruas tol Interchange Cawang, pada pukul 08.38. Meski begitu, kedua tol masih bisa dilintasi kendaraan.

Sekitar pukul 08.20 WIB, Polda Metro Jaya juga melakukan pengaturan dan pengalihan arus lalu lintas di Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, imbas genangan air yang cukup tinggi.

“Bagi Pengendara dihimbau agar mencari Jalur Alternatif,” bunyi kicauan Polda Metro Jaya.

Untuk wilayah Jakarta Barat, banjir setinggi 70 sentimeter juga terjadi di Jalan Perjuangan Raya, Kebon Jeruk, yang menyebabkan kendaraan tak dapat melintas.

Sementara di Jakarta Pusat banjir setinggi 30 sentimeter menyebabkan arus lalu lintas di depan RSAL Mintoharjo, Bendungan Hilir, terganggu.

Untuk wilayah di Jakarta Utara, banjir terjadi di Jalan Boulevard Barat, Kelapa Gading, namun kendaraan seperti mobil dan truk besar masih dapat melintas. (red)