Thursday , July 18 2024

Berkendara Mobil Offroad Tak Sekadar Pacu Adrenalin

Berkendara Mobil Offroad Tak Sekadar Pacu Adrenalin
Olahraga otomotif yang kini menjadi hobi banyak orang, mempunyai keunikan tersendiri.
.

FAKTAMEDIA.ID – kegiatan berkendara mobil off road merupakan olahraga yang identik dengan melintasi alam dengan berbagai kondisi.

Bagi sebagian penggemar otomotif, olahraga ini berbeda dengan yang lain. Olahraga otomotif yang kini menjadi hobi banyak orang, mempunyai keunikan tersendiri. Selain penuh tantangan, kegiatan ini membutuhkan biaya besar.

Menjelajahi medan offroad, menaklukkan rintangan yang berat, memang menjadi tantangan yang bisa membawa kenikmatan tersendiri bagi atlet maupun penikmat offroad. Maklum, umumnya offroader adalah para penyuka tantangan alam. Mereka memilih memasuki kawasan yang belum pernah dirambah manusia, apalagi kendaraan.

Baca juga: Genoa Tumbangkan Napoli di Stadion Luigi Ferraris

Olahraga yang penuh adrenalin ini dianggap bisa menjadi salah satu cara untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari.

Tentukan dan Pahami Jenis Medan Offroad

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh offroader. Salah satunya dengan memahami terlebih dahulu jenis atau medan off-road yang akan ditempuh. Kegiatan offroad sendiri dapat terbagi menjadi beberapa jenis pilihan, seperti fun off-road, extreme off-road, speed off-road, adventure off-road dan touring off-road.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Man United vs Man City hasil berimbang 3-3

Hal ini penting untuk dipahami agar seseorang bisa memilih kegiatan offroad sesuai dengan kemampuan dan jenis kendaraan yang dibutuhkan.

Kuasai Teknik Berkendara Off-road

Kedua, selain medan jalan, teknik berkendara juga perlu diperhatikan. Beberapa teknik yang perlu diketahui, seperti menggunakan kecepatan yang rendah saat menghadapi medan tanjakan atau turunan. Semakin pelan Anda mengemudi, akan semakin mudah. Kemudian, tetap relaks dan jangan panik, tarik nafas dalam-dalam dan pikirkan trik untuk lolos dari rintangan.

Aspek Keamanan

Selain memahami teknik berkendara off-road yang benar, hal yang harus diutamakan adalah aspek keamanan (safety). Hal ini tidak boleh dianggap remeh karena aktivitas off-road juga memiliki risiko yang terkait dengan keselamatan.

Sediakan Bahan Bakar

Persiapan selanjutnya sebelum memutuskan melakukan off-road adalah mempersiapkan bahan bakar. Membawa bahan bakar cadangan juga menjadi hal yang penting sebelum melakukan petualangan yang menantang menelusuri alam bebas.

Mulai Bersama Komunitas Off-road

Terakhir, off-road akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Cari teman sehobi yang bisa diajak melakukan off-road. Apabila Anda belum memiliki pengalaman dan baru pertama kali mencoba, sangat disarankan untuk bergabung dengan klub atau komunitas off-road atau menumpang kendaraan off-roader lain yang sudah berpengalaman. (red)